Rantai Pasokan

Penjelasan tentang Rantai Pasokan

Pada pembahasan sebelumnya saya sudah menjelaskan apa itu saluran distribusi, ternyata tentang gerak-gerik sebuah perusahaan untuk memasarkan tidak sampai pada saluran disrtribusi saja lho. Perusahaan yang besar untuk memasarkan produknya juga butuh Rantai pasokan , perusahaan membangun setrategi rantai pasokan yang tujuannya tidak lain untuk menarik hati pelanggan agar membeli produknya. Sedangakn untuk menentukan sebuah strategi rantai pasokan yang baik adalah dapat menciptakan mitra pemasokan yang rajin, imajinatif dan kreatif yang artinya para mitra pemasok harus trend pasar sehingga dapat menenentukan apa yang sering dibutuhkan oleh masyarakat atau yang disukai masyarakat.
Penjelasan tentang Rantai Pasokan
Penjelasan tentang Rantai Pasokan

Baca juga:
Pengertian rantai pasokan
Manajemen rantai pasokan
Strategi rantai pasokan
Contoh rantai pasokan

Adapun beberapa setrategi rantai pasokan yang harus dilakukan oleh perusahaan agar visi dam misinya dapat tercapai yaitu:

Biaya rendah

Disini dijelaskan biaya rendah yang artinya perusahaan menentukan harga yang serendah-rendahnya tapi tidak merugikan usahanya. Dalam setrategi ini perusahaan tidak boleh mengembil keuntungan yang terlalu besar karena persaingan tentunya ada, kemungkinan calon pembeli tidak tertarik dengan produk suatu perusahaan dan calon pembeli lebih memilih perusaan yang mematok harga lebih murah tapi  kualitas tetap sama. Ini ada sedikit tips bahwa untuk mengambil keuntungan yaitu pertama perhatikan biaya produksi, biaya karyawan dan keuntungan sewajarnya untuk pemilik perusahaan.

Respons yang tanggap

Kalau perusahaan memiliki respon atau tanggapan yang lemot maka tidak menutup kemungkinan akan kalah saingan dengan perusahaan lain. Respon yang tanggap sangat diperlukan untuk menunjang perubahan trend-trend pasar dan mengantisipasi kurangnya jumlah produksi yang tidak mencukupi, ingin sukses dalam pemasaran? Maka lakukan penelitian terhadap perkembangan pasar, apa yang dibutuhkan masyarakat. Sehingga kalau kamu menerapkan setrategi ini maka rantai pasokan suatu perusahaan akan imbang.

Diferensiasi

Sebenarnya sama dengan respon tanggap, tapi untuk menunjang keseimbangan dalam rantai perusahaan maka kamu tidak boleh mengabaikan setrategi ini yang sering disebut diferensiasi. Dalam setrategi ini kamu dituntut untuk mengembangkan produk perusahaan yang sekiranya tidak membuat masyarakat, sehingga lakukan inovasi-inovasi  atas produk yang kamu luncurkan di pasaran sebelumnya. Nah untuk melakukan beberapa inovasi maka kamu harus melakukan penilitian-penilitian atas produk kamu, seperti apa kekurangan produk ini?, dari itu kamu bisa melakukan inovasi yang lebih baik.

Suatu ekonomi rantai pasokan dalam perusahaan harus mendapatkan perhatian yang khusus, karena hal ini termasuk integral dan setrategi yang penting bagi majunya perusahaan. Rantai pasokan merupakan komponen yang paling penting dari semua yang ada di perusahaan, jadi kamu harus mempertimbangkan betul-betul sebelum melangkah ke setrategi perusahaan, alangkah baiknya kamu berunding dengan karyawanmu atau orang yang kamu anggap percaya dan mintalah pendapat kepada keluargamu.

Terutama bagi industri manufaktur dan jasa bahwa rantai pasokan adalah hal yang memiliki persentase keuntungan yang akan dicapai lebih apabila setrategi yang diterapkan benar, karena rantai pasokan mempengaruhi maju tidaknya suatu perusahaan. Tentunya perusahaan sudah mengambil keputusan dalam menentukan rantai pasokan dan keputasan yang sering diambil adalah:

1. Keputusan untuk membuat atau membeli
Perusahaan harus memilih untuk membuat komponen sendiri atau memakai jasa orang lain atau membeli dari perusahaan luar untuk melakukan kerja sama.

2. Outsourcing
Keputusan yang kedua ini tidak luput dari sebelum menentukan setrategi yang artinya perusahaan melakukan pemindahan aktivitas yang semula melalui internet untuk di pindahkan ke pihak atau pemasok external. Hal ini harus dilakukan oleh sebuah perusahaan untuk menuju pemasaran yang baik.

Nah demikian ulasan singkat mengenai apa itu rantai pasokan. Smoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Jangan lupa tekan tombol share yah. Terima kasih.

TAG:
manajemen rantai pasokan, rantai pasokan, manajemen rantai pasokan ppt, manajemen rantai pasokan pdf, strategi rantai pasokan, contoh rantai pasokan, pengertian rantai pasokan, pengertian manajemen rantai pasokan, rantai pasokan perusahaan, jurnal manajemen rantai pasokan, artikel manajemen rantai pasokan, manajemen rantai pasokan doc, definisi manajemen rantai pasokan, rantai pasokan indofood, contoh penerapan manajemen rantai pasokan pada satu jenis industri.
Artikel Rekomendasi ×

BAGIKAN KE ORANG TERDEKAT ANDA
ONE SHARE ONE CARE