Jenis Saluran Distribusi

Ini 3 macam jenis saluran distribusi menurut pakar marketing dunia

Selamat malam rekan - rekan semuanya. Kali ini saya akan membahas sedikit ulasan tentang jenis saluran distribusi. Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, saluran distribusi merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan atau orang pribadi yang mempunyai hak atas kepemilikan sebuah produk atau membantu melakukan perpindahan atas hak kepemilikan produk atau jasa yang akan dipindahkan dari produsen ke konsumen. Lantas ada berapa macam sih jenis saluran distribusi itu? Yuk disimak penjelasan berikut dari salah seorang pakar marketing dunia.

Wiliam J. Stanton merupakan pakar marketing dunia. Beliau dilahirkan di Negara Bagian Ohio, Amerika Serikat pada tahun 1924 seperti dilansir dari wikipedia.com. Semasa hidupnya beliau menelurkan beragam penelitian terkait saluran distribusi. Wiliam J. Stanton dalam penelitiannya menyimpulkan ada 3 (tiga) jenis saluran distribusi.

Ini 3 macam jenis saluran distribusi menurut pakar marketing dunia
Ini 3 macam jenis saluran distribusi menurut pakar marketing dunia
Saluran distribusi menurut Wiliam J. Stanton dibedakan menjadi 3 jenis saluran distribusi yaitu saluran distribusi untuk barang konsumsi, untuk barang industri dan untuk jasa. Yuk kita simak penjelasannya sebagai berikut:

1. Saluran distribusi untuk barang konsumsi 

Saluran distribusi ini meliputi produsen ke konsumen, produsen – pengecer – konsumen, produsen – pedagan besar – pengecer – konsumen, produsen – agen – pengecer – konsumen, produsen – agen – pedagang besar – pengecer – konsumen.

a. Produsen ke konsumen. Produsen menggunakan saluran langsung dengan penjualnya dari rumah ke rumah atau melalui pos.
b. Produsen – pengecer – konsumen. Banyak para pengecer besar bertindak sebagai perantara sekaligus sebagai pengecer dan juga sebagai penyalur industri.
c. Produsen – pedagang besar – pengecer – konsumen. Di dalam pasar konsumen, mereka meerupakan grosir atau pedagang besar dan sekaligus pengecer.
d. Produsen – agen – pengecer – konsumen. Produsen juga menggunakan perantara agen untuk mencapai para pengecer besar maupun pengecer kecil di pasar.
e. Produsen – agen – pedagang besar – pengecer – konsumen. Untuk mencapai pengecer kecil, produsen sering menggunakan perantara agen dengan menggunakan pedagang besar untuk menyalurkannya ke para pengecer kecil.

Baca Juga:
Saluran distribusi
Pengertian saluran distribusi
Fungsi saluran distribusi
Macam - macam saluran distribusi
Contoh saluran distribusi
Makalah saluran distribusi

2. Saluran distribusi untuk barang industri

a. Produsen – pemakai. Saluran distribusi langsung ini dilakukan untuk produk industri berat yang harganya relatif mahal dan mempunyai struktur saluran yang lain.
b. Produsen – distributor industri – pemakai. Untuk produksi alat-alat kantor, operating suplies, dan lain-lain produsen menggunakan distributor industri dalam menyalurkan barangnya ke konsumen.
c. Produsen – agen – pemakai. Untuk suatu produk baru atau memasuki pasar baru produsen menggunakan agen atau tenaga penjual sendiri.
d. Produsen – agen – distributor industri – pemakai. Produsen tidak bisa menjual barangnya dengan menggunakan agen untuk dijual langsung kepada pemakai tetapi menggunakan jasa distributor industri untuk dijual kepada pemakai.

3. Saluran distribusi untuk jasa

Untuk jenis saluran distribusi jasa ada dua macam, yaitu produsen – konsumen, dan produsen – agen – konsumen.
a. Produsen – konsumen. Karena merupakan barang tidak berwujud maka proses produksi dan aktivitas penjualannya membutuhkan kontak langsung antara produsen dan konsumen. Tipe saluran langsung ini banyak dipergunakan oleh jasa-jasa profesional, seperti akuntan, konsultan.
b. Produsen – agen – konsumen. Penjualan jasa juga sering menggunakan agen sebagai penghubung antara produsen dan konsumen, seperti jasa angkutan, travel dan sebagainya.

Nah, demikian lah jenis - jenis saluran distribusi. Semoga artikel ini bermanfaat. Jangan lupa bagikan ke teman - temanmu yah. Salam sukses selalu.

Tag:
saluran distribusi, pengertian saluran distribusi, macam macam saluran distribusi, contoh saluran distribusi, jenis saluran distribusi, makalah saluran distribusi, strategi saluran distribusi, jenis jenis saluran distribusi, saluran distribusi pemasaran, saluran distribusi jasa, saluran distribusi langsung, pertanyaan tentang saluran distribusi, saluran distribusi pt indofood, alasan perusahaan menggunakan saluran distribusi, jurnal saluran distribusi, contoh saluran distribusi barang industri, saluran distribusi manajemen pemasaran, peranan saluran distribusi, saluran distribusi langsung dan tidak langsung, tujuan saluran distribusi, mengapa perusahaan menggunakan saluran distribusi, bentuk saluran distribusi, saluran distribusi internasional, makalah saluran distribusi pemasaran, definisi saluran distribusi, saluran distribusi intensif, manajemen saluran distribusi, saluran distribusi menurut para ahli, bentuk bentuk saluran distribusi, materi saluran distribusi, saluran distribusi ppt, manajemen pemasaran saluran distribusi.
Artikel Rekomendasi ×

BAGIKAN KE ORANG TERDEKAT ANDA
ONE SHARE ONE CARE