Manajemen Rantai Pasokan

Apa Itu Manajemen Rantai Pasokan

Hallo gan berjumpa lagi dengan blog sederhana ini, pada artikel sebelumnya saya sudah menjelaskan secara singkat tentang strategi tentang rantai pasokan. Tak kalah pentingnya sebelum meluncurkan suatu strategi rantai pasokan kamu harus tahu manajemen rantai pasokan itu apa? Dalam sebuah industri manufakturing umumnya mengumpulkan bahan mentah yang akan dijadikan bahan jadi atau hasil produksi sehingga bisa distribusikan dan digunakan oleh konsumen dan tentunya memiliki tingkat kualitas yang tinggi. Dengan menjalankan kegiatan tersebut dapat dikatakan rantai pasokan sudah dimulai dan terbentuk. Tapi bagi sebagian perusahaan industri manufakturing memiliki supply chain yang efektif dan efesien, sehingga perusahaan harus memerlukan manajemen yang benar-benar berkualitas dan professional dalam bidangnya, nah manajemen itulah yang disebut dengan supply chain atau rantai pasokan yang bisa disingkat dengan Supply Chain Management (SCM), yang mana rantai pasokan ini mempengaruhi tingkat kualitas suatu perusahaan.

Apa itu manajemen rantai pasokan
Apa itu manajemen rantai pasokan

Apabila kita telaah secara lengkap bahwa Supply chain Management atau rantai pasokan adalah sebuah kegiatan untuk mengkoordinasi jalannya pengiriman, pembuatan produk dan pengadaan atau layanan jasa kepada pelanggan yang meliputi administrasi harian, operasi logistik dan menerima informasi mulai dari pelanggan hingga pemasok. Sedangkan untuk pengertian definisi yang lebih sederhana, supply chain management atau rantai pasokan yaitu mekanisme yang menghubungkan antara pihak yang satu dengan pihak yang lain sehingga terjalin adanya komunikasi dengan pihak yang mengolah bahan mentah menjadi barang jadi, setelah pihak pengolah barang mentah menyelesaikan tugas kewajibannya maka yang bersangkutan akan menginformasikan kepada pihak pengiriman agar produk yang dihasilkan tadi akan segera dikirim. Dengan demikian pihak yang terlibat harus bisa melakukan tanggungjawabnya apabila terjadi kesalahan seperti barang yang dihasilkan cacat atau barang tidak sampai dengan tepat waktu, disini pihak pengiriman yang bertanggung jawab. Selain itu pihak terkait harus bisa menerima informasi dari pelanggan atau penerima barang terakhir tentang hasil produknya, apabila pelanggan komplain karena barang tidak sesuai dengan keinginan maka manajemen dapat memberikan info kepada pihak pengolah bahan mentah tadi.

Baca juga:
Rantai pasokan
Pengertian rantai pasokan
Strategi rantai pasokan
Contoh rantai pasokan

Sehingga kita dapat menyimpulkan bahwa supply chain management atau SCM adalah cabang manajemen yang melibatkan pemasok, pabrik atau manufaktur, penyedia logistik dan yang pasti adalah kepuasan pelanggan.

Dalam proses manajemen rantai pasokan tentunya ada prosesnya tidak langsung ke tangan konsumen, berikut proses-proses yang dapat dilalui pada rantai pasokan.

Pelanggan atau customer
Pada perusahaan industri manufakturing bahwa pelanggan adalah pihak yang memberikan order, sehingga hal ini menjadi komponen utama dalam suatu rantai pasokan. Tanpa adanya pelanggan maka proses rantai pasokan hanya berhenti pada distribusi saja dan pihak manajemen harus mendapatkan informasi seperti tanggal pengiriman dan jumlah barang yang dikirim.

Pembelian atau purcasing
Apabila suatu perusahaan berhasil melaksanakan tugasnya yang mana mengubah bahan mentah menjadi suatu produk maka tahap yang terakhir untuk menuju proses pembelian adalah memasarkan produknya. Agar calon pembeli tahu akan keberadaan produk suatu perusahaaan maka dapat dilakukan pemasaran secara online atau offline.

Produksi
Suatu bahan mentah yang diterima oleh pihak pabrik dan di tindak lanjuti kualitasnya apakah bahan itu benar-benar sesuai dengan persyaratan. Setelah itu pabrik mengubah bahan mentah menjadi bahan jadi yang akan diserahkan oleh pihak yang bersangkutan.

Transportasi
Mengingat jauhnya para pelanggan dan berbeda tempat sehingga pabrik memungkinkan untuk melakukan jasa transportasi agar produknya secara merata dapat diterima pembeli.

Nah demikian sedikit penjelasan mengenai rantai pasokan. Jika teman - teman berkenan, jangan lupa share artikel ini yah. Terima kasih.

TAG:
manajemen rantai pasokan, rantai pasokan, manajemen rantai pasokan ppt, manajemen rantai pasokan pdf, strategi rantai pasokan, contoh rantai pasokan, pengertian rantai pasokan, pengertian manajemen rantai pasokan, rantai pasokan perusahaan, jurnal manajemen rantai pasokan, artikel manajemen rantai pasokan, manajemen rantai pasokan doc, definisi manajemen rantai pasokan, rantai pasokan indofood, contoh penerapan manajemen rantai pasokan pada satu jenis industri
Artikel Rekomendasi ×

BAGIKAN KE ORANG TERDEKAT ANDA
ONE SHARE ONE CARE