Strategi Rantai Pasokan

Kenali strategi rantai pasokan sebuah pemasaran

Sempat saya ulas  pada artikel sebelumnya secara singkat, namun disini saya akan memberikan penjelasan secara singkat mengenai setrategi Rantai pasokan. Ada 2 hal yang mengenai kesuksesan suatu perusahaan yaitu kualitas produk dan rantai pasokan yang melibatnya  manajement. Nah kalau kamu sudah yakin bahwa produk perusahaanmu sudah memiliki kualitas yang bagus dan kini saatnya kamu menyususn setrategi rantai pasokan yang benar, yang setrategi rantai pasokan akan sukses bila kamu memperhatikan hal-hal berikut.

Kenali strategi rantai pasokan sebuah pemasaran
Kenali strategi rantai pasokan sebuah pemasaran


1.  memiliki banyak pemasok 

Bahwa perusahaan memainkan setrategi yang mana melibatkan antara pemasuk baik dalam maupun dari luar, sehingga memungkinkan pemasaran akan mudah dengan melibatkan banyak pemasukan tersebut. Dengan banyaknya pemasok tersebut maka ada persaiangan jual beli antara pemasok satu dengan yang lain untuk mendapatkan pelanggan sebanyak-banyaknya. Nah disini setiap pemasok menyusun cara yang baik bagaimana produk yang dari perusahaan yang diambil dapat laku keras, sehingga hal in sangat menguntungkan bagi perusahaan karena perusahaan hanya tinggal menunggu hasil dari pemasok.

Baca juga:
Rantai pasokan
Pengertian rantai pasokan
Manajemen rantai pasokan
Contoh rantai pasokan

2. memiliki sedikit pemasok

Ternyata setrategi yang pertama tadi adalah memiliki kekurangan yaitu bahwa terjadi ketidakstabilan harga antara satu pemasok dengan pemasok lainnya. Sehingga beberapa pelanggan menemui harga yang mahal dari suatu perusahaan, sehingga menganggapnya bahwa perusahaan itu sudah memainkan harga tapi nyatanya perusahaan sudah mengeluarkan harga standart, namun pemasoklah yang memainkan. Dengan memainkan sedikit pamasok maka perusahaan dapat fokus pada satu pemasok untuk menyusun setrategi bersama dan kestabilan harga tetap terjaga karena tidak ada pemasok lainnya, memainkan cara ini bahwa perusahaan harus menyeleksi pemasok yang dapat dipercaya.

Selain itu pemasok dapat menentukan pemasaran dalam skala luas dan tepat untuk barang yang di produksi. Tak hanya itu bahwa memiliki sedikit pemasok dapat mengurangi anggaran produksi yang mana menyangkut kestabilan harga tadi. Jangan sampai perusahaan memilih pemasok yang memiliki kinerja, hal ini akan menyebabkan salah satu resiko yang dihadapi pembeli dan tidak menutup kemungkinan pembeli akan mengira perusahaanya yang kurang berkualitas.

3. Vertical integration 

Dalam setrategi ini perusahaan dituntut untuk membuat dan mengembangkan produk yang barus sesuai dengan kebutuhan pasar, nah kalau produknya diterima baik oleh pembeli maka akan meningkatkan nama baik perusahaan itu sendiri.  Selain itu perusahaan dapat mempercayakan distributor atau pemasok integrari vertical yang dapat berupa:

Integrasi kebelakang atau backward integration adalah penguasaan pada sumber daya yang meliputi perusahaan mobil mengakuisisi pabrik baja. Selain itu ada intgrasi kedapan atau forward integration yang artinya penguasaan kepada konsumen, misalnya perusahaan mobil mengakuisisi dealer yang pada awalnya hanya distributor perusahaan saja.

4. Kairetsu network 

Kebanyakan perusahaan manufaktor lebih memilih jalan alternative antara pembeli dan sedikit pemasok dan integrasi kecil  dengan mendukung secara penuh pemasok melalui kepemilikin atau pinjamin. Kemudian pemasok akan dikenal menjadi bagian yang terpenting diperusahaan atau sering disebut kairetsu. Hal ini menjadikan pemasok untuk anggota yang panjang bagi suatu perusahaan, sehingga dengan harapan pemasok melakukan tugasnya dengan baik dan tentunya lebih menguntungkan pelanggan. Nah para anggota kairetsu ini dapat berfungsi sebagai subkontaktor dari pemasok yang lebih kecil.

5. Perusahaan maya atau virtual company 

Perusahaan maya ini mengandalkan hubungan anatara pemasok untuk memberi pelayanan yang diperlukan. Perusahaan maya ini biasanaya mendesain kemasan produk agar menarik, mengaji karyawan dan aktiv di dunia maya.

Nah demikian sedikit ulasan tentang strategi rantai pasokan. Smoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Jangan lupa bagikan ke teman anda yang membutuhkan. Salam sukses.

TAG:
manajemen rantai pasokan, rantai pasokan, manajemen rantai pasokan ppt, manajemen rantai pasokan pdf, strategi rantai pasokan, contoh rantai pasokan, pengertian rantai pasokan, pengertian manajemen rantai pasokan, rantai pasokan perusahaan, jurnal manajemen rantai pasokan, artikel manajemen rantai pasokan, manajemen rantai pasokan doc, definisi manajemen rantai pasokan, rantai pasokan indofood, contoh penerapan manajemen rantai pasokan pada satu jenis industri.
Artikel Rekomendasi ×

BAGIKAN KE ORANG TERDEKAT ANDA
ONE SHARE ONE CARE