Pengertian Rantai Pasokan

Inilah Pengertian Rantai Pasokan Menurut Pakar

Mustahil rasanya untuk menjadikan perusahaan yang sukses tanpa melakukan pemasaran produk dengan membentuk rantai pasokan. Pada umumnya rantai pasokan memiliki hubungan erat antara distributor sehingga perusahaan dituntut untuk memilih distribusi banyak atau distribusi sedikit, yang artinya distribusi banyak adalah melibatkan pihak luar untuk melakukan pemasaran, sedangkan distribusi sedikit adalah pemasaran yang dilakukan distributor yang sudah dipilih dan dipercayai oleh perusahaan, tentunya kedua distrbusi tadi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Mungkin kamu bertanya-tanya apa itu pengertian rantai pasokan? Yang mana sudah saya singgung sedikit pada artikel sebelumnya pengertian pasokan, oleh karena itu disini saya mencoba menjelaskan secara detail pengertian rantai pasokan.

Inilah Pengertian Rantai Pasokan Menurut Pakar
Inilah Pengertian Rantai Pasokan Menurut Pakar
Pengertian rantai pasokan adalah suatu cara untuk memasarkan produk dengan melewati banyak proses mulai dari pembuatan produk sampai pengiriman produk, sedangkan manajemen rantai pasokan adalah proses pendekatan yang difungsikan unuk membentuk pengintegrasian yang handal dan cepat dari supplier, manufacturer, distributor, retailer dan konsumen.  Rendah dan tingginya suatu biaya adalah tergantung dari manajemen rantai pasokan tersebut, selain itu manajeman rantai pasokan sangat penting untuk memberi layanan perusahaan kepada pelanggan, sehingga baik buruknya tergantung kinerja manajemen rantai pasokan perusahaaan.

Baca juga:
Rantai pasokan
Manajemen rantai pasokan
Strategi rantai pasokan
Contoh rantai pasokan

Nah untuk mengetahui aliran barang dan jasa maka yang harus diperhatikan adalah gambaran sebenarnya dan lengkap mengenai hal rantai pemasokan, mulai dari awal sampai terakhir. Entah itu bagaimana pembelian barang baku, bagaimana cara pengolahannya dan bagaimana cara pengirimannya. Untuk itu manajemen harus menyusun setrategi yang tepat dan macam-macam setrategi sudah saya jelaskan  pada artikel sebelumnya.

Lanjut mengenai pengertian rantai pasokan, bawasanya ada banyak pendapat para ahli tentang pengertian rantai pasokan ini, dengan adanya perbedaan pendapat itu pada dasarnya maknanya sama saja. Yukk mari kita lihat pengertian rantai pasokan menurut para ahli.

1. Levi et, al (2000) mengemukakan pendapat bahwa manajemen rantai pasokan adalah proses pendekatan yang digunakan untuk menuju pengintegrasian yang efesien dari pemasok, manufaktur, perakitan, distribusi dan fasilitas logistik yang menciptakan fungsi pembelian dan material, transformasi material, menjadi barang setengah jadi berubah jadi barang yang siap digunakan oleh pembeli. Nah kalau barang sudah siap maka tinggal untuk mempromosikan  dan melakukan distributor ke berbagai wilayah agar dapat dijangkau mudah oeleh pembeli.

2. Heizer dan Rander (2004) Beliau mengatakan bahwa rantai pasokan adalah suatu kegiatan pengelolaan barang-barang dalam rangka memperoleh barang mentah yang akan diproses menjadi barang jadi oleh suatu perusahaan. Kemudian barang yang sudah diproses akan dipasarkan ke konsumen hingga membentuk jaringan distribusi. Kegiatan- kegiatan ini mencakup pembelian tradisional dicampur dengan kegiatan penting lainnya yang berhubungan antara pemasok dan distributor.

3. Chow et,al ilmu yang satu ini berpendapat bahwa pengertian rantai pasokan adalah pendekatan yang logistik dan setrategis dalam hal memenuhi keinginan pasar, operasional, pembelian dan manajemen proses logistik.

Itulah pendapat-pendapat para ahli yang mengenai rantai pasokan yang dapat disimpulkan bahwa rantai pasokan adalah sebuah kegiatan untuk mengatur kegiatan distributor dengan membentuk setrategi untuk menguasai pasar.

Oleh karena itu kalau ingin perusahaan dapat mengusai pasar harus memahami arti dari rantai pasokan, setelah mengerti lanjut strategi- strategi yang akan ditetapkan untuk melakukan pemasaran mengingat banyaknya pesaing. Untuk mengalahkan pesaing biasanya harus bisa membuat produk yang lebih inovasi dan memiliki ciri khas tersendiri.

Demikian artikel tentang pengertian rantai pasokan ini saya tuliskan untuk anda. Smoga tulisan ini bermanfaat. Jangan lupa bagikan yah ke teman - teman anda. Salam sukses.

TAG:
manajemen rantai pasokan, rantai pasokan, manajemen rantai pasokan ppt, manajemen rantai pasokan pdf, strategi rantai pasokan, contoh rantai pasokan, pengertian rantai pasokan, pengertian manajemen rantai pasokan, rantai pasokan perusahaan, jurnal manajemen rantai pasokan, artikel manajemen rantai pasokan, manajemen rantai pasokan doc, definisi manajemen rantai pasokan, rantai pasokan indofood, contoh penerapan manajemen rantai pasokan pada satu jenis industri.
Artikel Rekomendasi ×

BAGIKAN KE ORANG TERDEKAT ANDA
ONE SHARE ONE CARE