Fungsi Saluran Distribusi

Ini 7 fungsi saluran distribusi pada umumnya

Sebenarnya pembahasan ini sudah saya singgung pada artikel sebelumnya namun saya tidak membahas secara menyeluruh apa fungsi saluran distribusi itu. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini saya akan mencoba menjelaskan apa itu fungsi saluran distribusi itu. Fungsi saluran distribusi adalah sesuatu  yang harus dilakukan dan tanpa tunda agar barang bisa selamat ke tangan konsumen, ada beberapa fungsi yang di perlukan untuk menyampaikan barang ke konsumen yang antara lain.

Berikut ini Fungsi Saluran Distribusi yang perlu kamu tahu
Berikut ini Fungsi Saluran Distribusi yang perlu kamu tahu

1. Pengangkutan atau transportasi

Pada dasarnya tempat antara produsen dengan satu saluran sama saluran lainnya atau konsumen berbeda tempat. Nah untuk mengatasi hal ini dibutuhkan pengangkutan atau transportasi agat barang sampai ke tempat tujuan, seiring dengan perkembangan zaman dan meludaknya penduduk maka kebutuhan masyarakat semakin besar maka hal ini yang menyebabkan barang yang disalurkan semakin luas.

2. Penjualan atau selling

Dalam kegiatan pemasaran pasti ada yang namanya penjualan, kalau tidak maka konsumen tidak bisa menikmati barang dari produsen. Dengan adanya kegiatan ini maka hal produk yang semula milik produsen maka bisa menjadi hak konsumen karena hak sudah dibayar dengan uang atau penjualan.

Baca Juga:
Saluran distribusi
Pengertian saluran distribusi
Macam - macam saluran distribusi
Contoh saluran distribusi
Makalah saluran distribusi

3. Pembelian atau buying

Maka kalau penjualan terjadi tanpa dihari oleh pembelian maka barang tersebut tidak bisa sampai ke tangan konsumen. Nah jika penjualan dilakukan oleh produsen, sedangkan pembelian dilakukan oleh seseorang yang membutuhkan barang tersebut.

4. Penyimpan

Kalau ada pemesanan yang banyak maka tidak mungkin barang tersebut langsung di sampaikan ke tangan konsumen. Untuk mengatasi hal ini maka diperlukan proses penyimpanan, proses penyimpanan barang ini bertujuan untuk mengamankan barang selagi barang belum diantar. Sehingga barang tersebut akan terjamin keselamatannya sampai ke tangan konsumen.

5. Pembakuan standar kualitas barang

Dalam suatu transaksi jual beli maka diperlukan standar kualitas untuk mempercayakan pembeli kepada penjual, misalkan dari jenis, ukuran dan kegunaan untuk apa. Oleh karena itu pihak produsen harus  bisa melakukan pembakuan standar kualitas barang yang bisa memberi informasi kepada calon pembeli dan dengan harapan barang tersebut sesuai dengan keinginan pembeli.

6. Penanggungan resiko

Memang manusia tidak luput dari kesalahan, maka tidak menutup kemungkinan saat proses distribusi berlangsung barang tersebut mengalami cacat entah itu akibat benturan atau jatuh maka pihak yang berwajib harus memberi garansi atau penanggungan resiko kepada barang yang mengalami masalah. Pada zaman sekarang bahwa penanggung resiko bisa saja ditanggung oleh pihak asuransi.

7. Pedagang

Merupakan kegiatan suatu lembaga atau seseorang yang melakukan transaksi beli kepada produsen yang bersangkutan dan transaksi jual yang dilakukan kepada pedagang kepada pembeli tanpa mengubah bentuk suatu barang tersebut sampai ke tangan konsumen.

Selain itu pedagang dapat dibedakan menjadi beberapa bagian yang antara lain

  1. perdagangan besar adalah pedagang yang menjual barangnya kembali kepada pedagang lain, biasanya pedagang besar ini membeli barang dalam skala besar kepada perusahaan yang bersangkutan.
  2. Perdagangan eceran merupakan pedagang yang menjual barangnya kepada konsumen secara langsung tanpa perantara pihak manapun.

Itulah beberapa info yang bisa kamu dapat dalam artikel yang berjudul fungsi saluran distribusi. Dari artikel tersebut kita dapat menyimpulkan bahwa suatu barang agar sampai ke tangan konsumen membutuhkan saluran distribusi selebihnya kalau barang tersebut dari perusahaan besar maka diperlukan beberapa proses dan fungsi yang tepat demi menjamin keselamatan barang tersebut. Demikian artikel kali ini, jika teman - teman memiliki koreksi atas artikel ini jangan ragu menghubungi saya.

Tag:
saluran distribusi, pengertian saluran distribusi, macam macam saluran distribusi, contoh saluran distribusi, jenis saluran distribusi, makalah saluran distribusi, strategi saluran distribusi, jenis jenis saluran distribusi, saluran distribusi pemasaran, saluran distribusi jasa, saluran distribusi langsung, pertanyaan tentang saluran distribusi, saluran distribusi pt indofood, alasan perusahaan menggunakan saluran distribusi, jurnal saluran distribusi, contoh saluran distribusi barang industri, saluran distribusi manajemen pemasaran, peranan saluran distribusi, saluran distribusi langsung dan tidak langsung, tujuan saluran distribusi, mengapa perusahaan menggunakan saluran distribusi, bentuk saluran distribusi, saluran distribusi internasional, makalah saluran distribusi pemasaran, definisi saluran distribusi, saluran distribusi intensif, manajemen saluran distribusi, saluran distribusi menurut para ahli, bentuk bentuk saluran distribusi, materi saluran distribusi, saluran distribusi ppt, manajemen pemasaran saluran distribusi.
Artikel Rekomendasi ×

BAGIKAN KE ORANG TERDEKAT ANDA
ONE SHARE ONE CARE