Pengertian Saluran Distribusi

Ini pengertian saluran distribusi menurut pakar ekonomi

Pada artikel sebelumnya kamu sudah memahami sedikit tentang saluran distribusi nah pada kesempatan kali ini kamu akan  belajar pengertian saluran distribusi secara jelas dan lengkap berdasarkan pendapat pada ahli. Dalam strategi untuk memperlancar penerimaan barang ke konsumen maka diperlukan sebuah proses yang dinamakan distribusi, hal ini menjadi pilihan yang tepat unuk memasarkan suatu barang akan lebih dikenal oleh konsumen.
Ini pengertian saluran distribusi menurut pakar ekonomi
Ini pengertian saluran distribusi menurut pakar ekonomi
Menurut Alex S. N bahwa saluran distribusi dapat dijelaskan yaitu lembaga-lembaga distribusi atau lembaga penyalur yang memiliki tugas untuk menyalurkan atau menyampaikan barang-barang atau jasa dari produsen hingga ke tangan konsumen. Pihak distribusi ini bekerja secara aktif untuk mengusahakan perpindahan bukan hanya secara fisik saja tapi dapat diartikan bahwa barang-barang yang di produksi oleh suatu produsen dapat dibeli konsumen.

Setelah kita mengetahui pengertian saluran distribusi menurut Alex S.N, sekarang kita mencoba melihat pendapat para ahli lain. Beliau ini bernama Soehardi Sigit memiliki pendapat lain yang berbeda tentunya yaitu saluran distribusi atau chanel of distribusi atau treade channel adalah sebuah perantara-perantara ( midle man), para pembeli dan penjual yang dilewati oleh perpindahan barang secara fisik ataupun perpindahan milik  sejak dari produsen atau produsen Manufactur hingga ke tangan konsumen.

Baca Juga:
Saluran distribusi
Fungsi saluran distribusi
Macam - macam saluran distribusi
Contoh saluran distribusi
Makalah saluran distribusi

Sampai disini tentunya kamu sudah paham apa itu pengertian distribusi, mungkin kamu masih bingung buat apa sih distribusi dibentuk dan memiliki fungsi apa saja, nah disini saya akan mengulas sedikit fungsi-fungsi dari distribusi.

Menurut philip Kotler yang berpendapat bahwa fungsi distribusi adalah Penelitan, promosi, Hubungan, penyelarasan, Negosiasi, Distribusi fisik, pembiyaan, pengambilan resiko. Untuk tipe distribusi tentunya tidak hanya satu saja dan memiliki beberapa tipe yang akan kami jelaskan pada artikel selanjutnya.

Secara garis besar bahwa kegiatan distribusi adalah kegiatan untuk memperlancar pemasaran dan mempermudah barang sampai ke tangan konsumen. Sehingga penggunaanya sesuai dengan apa yang dibutuhkan yang meliputi jenis, jumlah, harga, tempat dan lain-lain. Dengan kata lain proses distribusi adalah kegiatan yang mampu.
1. membentuk nilai tambah produk melalui fungsi-fungsi pemasaran yang dapat merealisasikan kegunaan atau manfaat produk.
2. dapat memperlancar arus pemasaran (marketing Channel Flow) secara fisik dan non fisik.

Disini yang dimaksud dengan arus pemasaran adalah sebuah aliran kegiatan yang terjadi antara lembaga-lembaga pemasaran yang ikut serta dalam proses pemasaran. Sedangkan arus pemasaran meliputi arus barang fisik, arus kepemilikan, arus informasi, arus promosi, arus negosiasi, arus pembayaran,arus pendanaan, arus penanggungan, resiko dan arus pemesanan.

Pada pelaksanaan aktivitas-aktivitas distribusi, perusahaan sering kali harus melakukan kerja sama  dengan berbagai perantara atau midleman dan saluran distribusi, hal ini untuk barang yang di produksi cepat laku.

Dalam saluran distribusi ada juga sifat-sifat yang dimiliki, saluran distribusi terdiri dari lembaga-lembaga atau badan yang saling tergantungan dan saling berhubungan yang berfungsi sebagai suatu sistem atau jaringan.

Yang secara bersama menghasilkan dan mendistribusikan suatu produk kepada pengguna akhir. Seperti rumah sakit, ambulans, dokter, pengujian laboratorium, perusahaan asuransi, dan toko-toko obat membentuk suatu saluran distribusi bagi jasa pemeliharaan kesehatan.

Banyak sekali produsen yang menggunakan perantara untuk menyalurkan barangnya ke pasar. Mereka bekerja keras untuk membangun suatu saluran disribusi yaitu perangkat organisasi saling ketergantungan dan ikut serta dalam proses menyediakan produk atau jasa agar digunakan atau dikonsumsi.

Demikian artikel tentang pengertian saluran distribusi kali ini. Smoga artikel ini bermanfaat buat teman - teman sekalian. Jangan lupa bagikan artikel ini ke teman - teman anda. Salam sukses.

Tag:
saluran distribusi, pengertian saluran distribusi, macam macam saluran distribusi, contoh saluran distribusi, jenis saluran distribusi, makalah saluran distribusi, strategi saluran distribusi, jenis jenis saluran distribusi, saluran distribusi pemasaran, saluran distribusi jasa, saluran distribusi langsung, pertanyaan tentang saluran distribusi, saluran distribusi pt indofood, alasan perusahaan menggunakan saluran distribusi, jurnal saluran distribusi, contoh saluran distribusi barang industri, saluran distribusi manajemen pemasaran, peranan saluran distribusi, saluran distribusi langsung dan tidak langsung, tujuan saluran distribusi, mengapa perusahaan menggunakan saluran distribusi, bentuk saluran distribusi, saluran distribusi internasional, makalah saluran distribusi pemasaran, definisi saluran distribusi, saluran distribusi intensif, manajemen saluran distribusi, saluran distribusi menurut para ahli, bentuk bentuk saluran distribusi, materi saluran distribusi, saluran distribusi ppt, manajemen pemasaran saluran distribusi.
Artikel Rekomendasi ×

BAGIKAN KE ORANG TERDEKAT ANDA
ONE SHARE ONE CARE