Macam - macam saluran distribusi

Inilah macam - macam saluran distribusi

Setelah kita memahami lebih dalam pengertian saluran distribusi, maka kini saatnya untuk mengenal macam-macam saluran distribusi. Dalam rangka untuk mempertemukan suatu produk ke konsumen maka diambil langkah dan strategi khsusus untuk mendistribusikan barang, adapun macam-macam saluran distribusi yang sering digunakan  yaitu ada 3 macam.
Inilah macam - macam saluran distribusi
Inilah macam - macam saluran distribusi
Pertama adalah distribusi langsung atau jangka pendek yaitu sebuah sistem yang kegiatannya menyalurkan barang yang mana tidak menggunakan jalur distribusi. Contohnya saja penyaluran hasil pertanian oleh petani langsung ke pasar.

Kedua adalah distribusi tidak langsung merupakan distribusi menyalurkan barang dan jasa melalui pihak-pihak lain atau badan perantara seperti agen, mekelar dan toko perdangangan atau eceran.

Ketiga adalah distribusi secara semi langsung. Merupakan cara penyampaian barang dari produsen kepada konsumen melalui perantara tapi perantara masih memiliki produsen sendiri.

Dengan banyaknya macam-macam saluran distribusi diatas kita bisa menyimpulkan yaitu kelebihan dan kekurangan dari macam-macam saluran diatas yang antara lain sebagai berikut.

Kelebihan distribusi langsung

Biasanya memiliki harga barang murah untuk sampai ke tangan konsumen, karena yang berperan hanya satu pihak saja yang mana produsen itu sendiri dan tidak menggunakan jasa orang lain sehingga yang mengambil keuntungan hanya dari produsen itu sendiri.

Produsen lebih cepat apa yang disukai konsumen dan apa yang dibutuhkan, sehingga suatu saat produsen itu membuat terobosan baru untuk menginovasi produknya yang terdahulu. Hal ini karena produsen langsung berhadapan dengan konsumen tanpa pihak perantara dari manapun.

Barang yang dikirim ke konsumen tentunya akan lebih cepat karena hanya melalui satu perantara saja yaitu produsen tersebut.

Baca Juga:
Saluran distribusi
Pengertian saluran distribusi
Fungsi saluran distribusi
Contoh saluran distribusi
Makalah saluran distribusi

Kekurangan distribusi langsung

Ada kelebihan tentunya ada juga kekurangan dari distribusi secara langsung. Pada dasarnya distribusi akan sulit untuk dijalankan apabila terjadi perbedaan pendapat antara pembeli atau konsumen dengan produsen, yang mana produsen ingin menjual produknya dengan jumlah yang banyak tapi pembeli ingin membeli sedikit atau eceran. Produsen ingin menjual banyak karena suatu alasan yaitu untuk  menghemat biaya pengiriman.

Tidak menutup kemungkinan distribusi akan berhenti karena faktor tempat konsumen yang terlalu jauh atau berada pada daerah yang terpencil, hal ini sangat sulit dijangkau oleh produsen. Terdapat perbedaan harga yang signifikan, apabila konsumen membeli produk dari si produsen dengan jumlah yang kecil maka secara otomatis barang tersebut akan mahal, berbeda apabila konsumen membeli dalam jumlah yang banyak tentunya mendapatkan harga murah atau di beri discon.

Kelebihan distribusi tidak langsung

Berikut kelebihan distribusi tidak langsung.

  1. Apabila terjadi perbedaan keinginan maka masalah ini dapat diselesaikan dengan perantara tersebut, sehingga  produsen tetap bisa menjual dengan jumlah banyak, begitupun pembeli tetap bisa membeli sesuai keinginan mereka.
  2. Barangnya akan selalu terkirim walaupun konsumen berada pada tempat yang jau atau terpencil karena di tempat tersebut sudah ada perantara yang siap melayani konsumen.
  3. Harga tetap stabil
  4. Berikut kekurangan distribusi tidak langsung.
  5. Harganya lebih mahal karena ada pihak lain yang mengambil keuntungan.
  6. Produsen sulit mengetahui kebutuhan atau kesukaan konsumen karena jara antara 
  7. produsen dan konsumen dibatasi oleh perantara.

Kalau disimpulkan bahwa setiap macam-macam saluran distribusi ada perbedaan tersendiri, terserah kamu pilih menggunakan distribusi yang mana. Kalau kamu memiliki perusahaan yang besar dan mampu produksi barang dengan skala besar maka saya sarankan menggunakan distribusi tak langsung.

Nah demikian artikel saya kali ini tentang macam - macam saluran distribusi. Smoga bermanfaat untuk anda. Jangan lupa jika berkenan mohon bagikan artikel ini ke teman - teman anda. Salam sukses!

Tag:
saluran distribusi, pengertian saluran distribusi, macam macam saluran distribusi, contoh saluran distribusi, jenis saluran distribusi, makalah saluran distribusi, strategi saluran distribusi, jenis jenis saluran distribusi, saluran distribusi pemasaran, saluran distribusi jasa, saluran distribusi langsung, pertanyaan tentang saluran distribusi, saluran distribusi pt indofood, alasan perusahaan menggunakan saluran distribusi, jurnal saluran distribusi, contoh saluran distribusi barang industri, saluran distribusi manajemen pemasaran, peranan saluran distribusi, saluran distribusi langsung dan tidak langsung, tujuan saluran distribusi, mengapa perusahaan menggunakan saluran distribusi, bentuk saluran distribusi, saluran distribusi internasional, makalah saluran distribusi pemasaran, definisi saluran distribusi, saluran distribusi intensif, manajemen saluran distribusi, saluran distribusi menurut para ahli, bentuk bentuk saluran distribusi, materi saluran distribusi, saluran distribusi ppt, manajemen pemasaran saluran distribusi.
Artikel Rekomendasi ×

BAGIKAN KE ORANG TERDEKAT ANDA
ONE SHARE ONE CARE