Contoh rantai Pasokan

Contoh Rantai Pasokan Yang Harus Kamu Tahu

Perusahaan yang baik dan berkualitas adalah perusahaan yang memiliki strategi rantai pasokan yang tepat sehingga hasil produksinya bisa meluas ke pasaran dan banyak konsumen yang mengetahui, keberhasilan suatu strategi tidak luput dari usaha manajemen - manajemennya dan pihak yang terkait langsung maupun tidak langsung seperti pihak produksi, pihak pengepakan atau pengemasan dan distributor. Manajemen rantai-rantai pasokan adalah proses integrasi tugas-tugas yang muncul karena pengadaan barang dan jasa. Sehingga suatu perusahaan harus mengeluarkan produk yang berawal dari proses mengolah bahan mentah sendiri atau diserahkan kepada pihak luar untuk diolah menjadi barang jadi.

Contoh Rantai Pasokan yang harus kamu ketahui
Contoh Rantai Pasokan yang harus kamu ketahui

Nah setelah barang jadi maka proses selanjutnya adalah pengemasan yang meliputi pemberian nama produk, label dan data kadaluwarsa, setelah itu perusahaan melakukan pemasaran lebih lanjut dengan memanfaatkan para distributor dan iklan-iklan baik media elekronik dan media online. Kebanyakan perusahaan sekarang lebih efesien dalam memasarkan produknya lewat social media seperti facebook, twitter, instagram dan lain-lain mengingat masyarakat sering aktif di media online. Sehingga hal ini memungkinkan bisa menyebarkan pemasaran dari suatu wilayah sampai ke wilayah yang tidak mudah dijangkau oleh perusahaan.

Baca juga:
Rantai pasokan
Pengertian rantai pasokan
Manajemen rantai pasokan
Strategi rantai pasokan

Untuk contoh rantai pasokan kita bisa mengambil dari perusahaan susus instan, nah perusahaan ini melakukan hubungan kerja sama antara peternak sapi  untuk membeli susunya dan bila harga cocok dan kualitas sudah sesuai pesanan, maka perusahaan itu membeli susu tersebut dengan menampung banyak tergantung permintaan publik. Setelah dibeli susu itu, saatnya ke tahap pengolahan untuk dijadikan barang jadi seperti yang semula susu murni maka diubah menjadi minuman susu yang bervariasi rasa, dalam pengolahan ini akan ditangani oleh pihak produksi.

Setelah pihak produksi melaporkan bahwa bahan jadi sudah siap, maka selanjutnya tahap pengemasan. Tahap pengemasan inilah yang sangat penting karena menyangkut identitas suatu perusahaan dan laku tidaknya produk, diharapkan pada tahap ini memiliki sampu kemasan yang bagus sehingga bisa menarik perhatian konsumen dan mencantumkan nama perusahaan, logo perusahaan, komposisi dan data kadaluwarsa. Sehingga kalau ini dilakukan dengan benar maka konsumen akan mempercayai produkmu.

Kurang lengkapnya rasanya kalau perusahaan tidak melakukan pemasaran atas jadinya produk yang diciptakan,  dalam langkah ini perusahaan mengajak distributor atau membentuk distributor yang berguna untuk menyebar luaskan produknya sampai ke tangan konsumen. Sehingga sampai tahap ini menjadi tanggung jawab para manajemen rantai pasokan, nah itulah contoh rantai pasokan yang dapat kita ambil.

Selanjutnya apakah kamu tahu asal-usul rantai pasokan ini? pada mulanya rantai pasokan berurusan dengan milter yang mengirimkan bantuan logistik ke tujuannya. Pengiriman logistik ini sangat berperan dalam kalah menangnya suatu peperangan militer, terutama pada perang dunia kedua yang melibatkan seluruh negara. Nah disini timbul kerja sama antara pihak perusahaan pengiriman dengan pihak militer dan pengaturannya dilakukan oleh pihak ketiga agar sampai ke tujuan dengan selamat.

Sehingga pada perkembangan selanjutnya suatu perusahaan mencari cara alternatif untuk menurunkan harga produksi sehingga barang itu sekiranya mudah dijangkau oleh pembeli. Sering kita dengar bahwa banyak perusahaan-perusahaan yang berpindah ke negara yang membayar upahnya dengan harga murah, Indonesia dan negara asia lain contohnya.

Perkembangan rantai pasokan pada era 1980-an yang mana pada era tersebut sudah banyak muncul teknologi yang  terbaru dan dapat membantu suatu perusahaan dalam memasarkan produknya. Akhirnya dengan perkembangan teknologi tersebut bahwa ilmu logistik milter tadi sangat penting dan menjadi strategi perusahaan.

Nah demikian sedikit penjelasan tentang contoh rantai pasokan. Jika teman - teman berkenan, jangan lupa share artikel ini yah. Terima kasih.

TAG:
manajemen rantai pasokan, rantai pasokan, manajemen rantai pasokan ppt, manajemen rantai pasokan pdf, strategi rantai pasokan, contoh rantai pasokan, pengertian rantai pasokan, pengertian manajemen rantai pasokan, rantai pasokan perusahaan, jurnal manajemen rantai pasokan, artikel manajemen rantai pasokan, manajemen rantai pasokan doc, definisi manajemen rantai pasokan, rantai pasokan indofood, contoh penerapan manajemen rantai pasokan pada satu jenis industri.
Artikel Rekomendasi ×

BAGIKAN KE ORANG TERDEKAT ANDA
ONE SHARE ONE CARE